» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Edukasi

Gala Siswa Kota Blitar 2018: Jalan Sejarah Sepak Bola Penuh Prestasi
19 Maret 2018 | Edukasi | Dibaca 685 kali
MUHADJIR EFFENDY : Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Foto: GOOGLE IMAGE DIOLAH
Ajang Liga Sepak Bola (Gala) Siswa Kota Blitar tahun 2018 yang kali pertama dilaksanakan dijadikan momen menjaring talenta agar ke depan Timnas Indonesia bisa bersaing dengan dunia yang sudah memiliki sejarah sepak bola penuh prestasi.

BLITAR | SRIPARI.COM-Kompetisi Gala Siswa yang merupakan  program Kemendikbud bekerjasama dengan KONI dan PSSI ini, merupakan kompetisi sepak bola bagi siswa-siswa SMP baik negeri maupun swasta, termasuk  SMP terbuka dan SMP satu atap, yang bertujuan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa dalam berolahraga khususnya sepak bola.

"Sepak bola di Indonesia masih tertinggal jauh bila dibandingkan negara lain. Dan kita akan kejar itu. Makanya, saya juga minta tiap provinsi untuk memaksimalkan sekolah keolahragaan (SKO), yang prioritasnya sepak bola agar bisa mengejar ketertinggalan"  ungkap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy  Effendy, usai melakukan kick off sebagai penanda dimulainya Gala Siswa Kota Blitar 2018 di Lapangan Mareno, Kelurahan Bendo, Kepanjen Kidul, Minggu (18/03/2018) pagi.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini, menjelaskan Gala merupakan salah satu implementasi program penguatan pendidikan karakter (PPK). Karena sepak bola dalam banyak hal memiliki aspek kepribadian yang paling lengkap dan paling favorit atau popular.

Menurut Muhadjir, Gala Siswa  akan diselenggarakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan kota, provinsi hingga tingkat nasional.

 Dia berharap. dari ajang ini kelak akan lahir pesebak bola muda yang unggul, sehingga sepak bola Indonesia akan mampu bersaing dengan tim-tim di berbagai belahan dunia yang memiliki sejarah sepak bola penuh prestasi.

"Selain itu, idealnya sepak bola juga sebagai ajang melatih mental para siswa. Ini mengajarkan anak untuk bisa berpikir jernih di tengah situasi yang sulit," kata Muhadjir disamping Wawali Kota Blitar Santoso.

Sebagai informasi, ajang Gala Siswa yang diputar mulai 15-24 Maret 2018 ini hanya diikuti para pelajar SMP di Kota Blitar. Gala Siswa kali ini juga berbarengan dengan turnamen tahunan Wali Kota Cup yang diikuti para siswa mulai tingkat TK, SD dan SMP di Kota Blitar. []

M ZAINUDDIN