» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Dikepung Proyek Cor Beton Desa Glagahsari "Terisolir"
06 Oktober 2022 | Tuban Barometer | Dibaca 610 kali
TOTAL: Akses masuk ke Desa Glagahsari, Kecamatan Soko, yang ditutup. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Proyek cor beton jalan poros desa yang menghubungkan Desa Pandanwangi-Glagahsari dikeluhkan warga.

sripari.com | tuban-Imbas pembangunan di Kecamatan Soko tepi Bengawan Solo itu membuat akses keluar masuk warga Desa Glaagahsari, terutama pelajar yang akan sekolah di luar desa menjadi terganggu.

Sebab, seluruh akses jalan yang terkena proyek cor beton ditutup tutup total mulai 26 September hingga 14 November 2022.

Warga mengatakan, anak-anak sekolah harus berangkat lebih pagi karena perjalanan lebih jauh sebab harus berputar melewati jalan kecil atau lorong tikus menuju persawahan, yang letaknya persis di bantaran Bengawan Solo sebelum menembus desa tetangga yakni Desa Pandanwangi.

 Sebagian aktivitas warga Desa Glagahsari yang menyerupai dongeng negeri di atas air ini karena letaknya dikepung Bengawan Solo, adalah menjadi manol yakni mengambil pasir di Bengawan Solo.

"Karena jalan ditutup terpaksa menumpang bongkar ke lokasi pasir di Desa Pandanwangi," terang sejumlah warga. Menurut warga, jalan alternatif yang bisa dilewati adalah Desa Pandanwagi lebarnya kurang lebih hanya dua meter, dan hanya bisa diakses mobil pribadi, motor dan pejalan jalan kaki.

Sementara pengunjung yang akan menuju wisata kebun blimbing dan jambu desa setempat juga harus memutar dan menempuh jalan berliku nan terjal.

Sekretaris Desa Glagahsari Imam Mahmudi, menuturkan proyek pembangunan adalah keniscayaan yang tidak bisa ditolak. Berkaitan adanya proyek cor beton tersebut warga sangat antusias menyambutnya.

"Sayangnya, tidak ada sosialisasi dan komunikasi terkait penutupan jalan yang kena proyek tersebut," tandas Imam. []

 


M ZAINUDDIN