» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Atasi Harga Terpuruk Pemkab Tuban Putar Solusi
29 Maret 2021 | Tuban Barometer | Dibaca 494 kali
AGUS WIJAYA: Kepala Diskoperindag Kabupaten Tuban. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Pemkab Tuban memutar otak untuk menemukan fomula jitu agar harga gabah tidak semakin jatuh.

sripari.com | tuban-Salah satu cara instans guna mengatasi problem yang melilit petani di tengah panen raya padi kali ini, Pemkab Tuban melakukan komunikasi intensif dengan Pemprov Jatim.

"Kita terus berkomunikasi dengan dinas provinsi (Pemprov Jatim) mencari solusi terbaik agar harga gabah di Tuban tidak semakin semakin terpuruk," kata Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, ditemui awal pekan ini.

Dia menjelaskan, harga gabah jatuh terjadi tidak hanya di Kabupaten Tuban saja. Sejumlah daerah lain yang saat ini panen raya juga mengalami problem rendahnya harga gabah.

"Kualitas gabah kurang bagus disebabkan iklim yang tidak mendukung dan proses fotositensisnya tidak optimal karena banyak mendung dan hujan," tutur Agus.

Diberitakan sebelumnya, ribuan petani padi di Kabupaten Tuban resah menyusul harga gabah yang terus terpuruk.

Anjloknya harga gabah menjadi ironi karena terjadi di tengah panen raya yang saat ini terjadi di Kecamatan Soko, Widang, Tuban dan sejumlah sentra pertanian lainnya.

Beberapa petani di Kecamatan Soko mengatakan, saat ini harga gabah hasil panen mereka hanya Rp 3.000 hingga Rp 3.200 per kilonya. Angka itu bisa terus melorot ketika hujan turun di saat petani melakukan panen. []


M ZAINUDDIN