» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Tuban Siapkan Kuota Normal Haji 2021
27 Maret 2021 | Tuban Barometer | Dibaca 692 kali
LAIDIA MARYATI : Pranata Humas Kantor Kemenag Tuban. Foto: DOK PRIBADI FOR SRIPARI.COM
Nasib ribuan calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Tuban yang tahun kemarin batal terbang ke Tanah Suci akibat pandemi Covid-19 hingga sejauh ini belum jelas.

sripari.com | tuban- Kedati belum ada kepastian pelaksanaan ibadah haji tahun ini, namun Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban tetap menyiapkan kuota normal CJH yang menjadi satu dari tiga skenario pemerintah.

Juru bicara Kantor Kemenag Tuban Laidia Maryati mendamping Kepala Kantor Kemenag Tuban M Sahid mengatakan skenario kuota normal tersebut sebagai komitmen pemerintah yang terus berupaya keras agar CJH yang sebelumnya batal berangkat bisa terbang ke Tanah Suci tahun ini.

"Pemerintah tetap berupaya bisa berangkat, di antaranya dengan mengusulkan semua CJH yang dijadwalkan berangkat tahun ini untuk divaksin (Covid-19)," tutur Pranata Humas Kantor Kemenag Tuban ini belum lama.

Menurut dia, langkah tersebut dilakukan sebagai persiapan jika sewaktu-waktu Pemerintah Arab Saudi membuka pelaksanaan ibadah haji tahun ini secara global.

"Tapi pastinya masyarakat dimohon bersabar sambil menunggu informasi resmi pemerintah. Karena berangkat atau tidak, semua tergantung yang punya rumah dalam hal ini Pemerintah Arab Saudi. Intinya, pemerintah sendiri sudah menyiapkan tiga opsi," tegas
Laidia.

Dia mengimbuhkan, penyelenggaraan haji 2021 memang berbeda dengan sebelumnya mengingat tantangan dan realitas pelaksanaannya cukup besar.

Meski demikian, pemerintah tetap bersiap diri mempersiapkan penyelenggaraan haji tahun ini dengan tiga skenario. Pertama, berangkat dengan kuota normal. Skenario kedu, berangkat dengan kuota 50 persen. Dan skenario ketiga, batal kembali tidak memberangkatkan CJH seperti tahun kemarin.

"Terkait dengan ketiga skenario itu, pemerintah menyatakan sudah sangat siap untuk menjalankannya," kata Laida. []


M ZAINUDDIN