» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Sehari 3 Rumah Petani di Tuban Tinggal Puing
31 Agustus 2019 | Tuban Barometer | Dibaca 766 kali
PUING: Pasukan Damkar Pemkab Tuban dibantu warga melakukan evakasi kebakaran di Dusun Molo Desa Penambangan Kecamatan Semanding, Jumat (30/08/2019) siang. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Hari tanpa hujan di Kabupaten Tuban tiga bulan terakhir, membikin sejumlah kawasan dilanda kekeringan dan pemukiman warga diintai bahaya kebakaran.

sripari.com | tuban-Buktinya, hanya dalam sehari tiga rumah warga di wilayah berbeda Kabupaten Tuban rata dengan bumi dan tinggal menyisakan puing akibat terbakar sepanjang Jumat (30/08/2019).

Kebakaran pertama terjadi di Dusun Molo Desa Penambangan Semanding pukul 08.20 wib. Sedangkan malam harinya insiden serupa berlangsung di Dusun Mayang Desa Magesari Kecamatan Plumpang, sekira pukul 19.30 wib.

Kendati demikian tidak ada korban jiwa dalam dua peristiwa kebakaran di tengan ganasnya mussim kemaau yang menelan kerugian materi tak sedikit ini.

Petugas BPBD Kabupaten Tuban mengungkapkan, paling tragis menimpa rumah milik Winarko (38) di RT 26 RW 09 Desa Penambangan karena total bangunan habis terbakar dan tidak bisa ditempati.

Sementara rumah milik Susanti (28) yang bersebelahan dengan korban Winarko, kendati ikut dilalap api namun sebagian masih bisa ditempati meksi sejumlah barang berharga ludes jadi arang.

Diduga penyebab kebakaran berasal dari sisa api tungku dapur usai digunakan memasak dengan mengunakan kayu. Pada saat kejadian semua penghuni rumah tengah melakukan aktivitas di ladang yang berada di kawasan obyek wisata pemandian Bektiharjo.

Sementara berselang waktu, sebuah rumah dan kandang sapi milik Sugiono (35) RT 02 RW 09 Dusun Mayang Desa Magersari Kecamatan Plumpang juga nyaris bernasib sama.

Selain menderita kerugian puluhan juta rupiah, salah satu anggota keluarga korban Kholiswatin (40) mengalami luka bakar namun selamat. Sedangkan dua ekor sapi milik korban yang terjebak api dalam kandang sempat mengalami luka bakar namun tidak sampai tewas.

Informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, sekitar pukul 18.00 wib korban rutin membuat perapian atau bediang untuk mengasapi nyamuk yang ada di kandang.

Namun tanpa sepengetahuan korban bediang tersebut menyambar tumpukan jerami kering sehingga membakar seisi kandang. Api yang makin membesar kemudian menyambur dapur milik korban. Api berhasil dipadamkan warga bersama pasukan Damkar Pemkab Tuban pukul 20.50 wib. ||


Reporter: M Zainuddin
Editor: As ad An-Nawawi