» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

DPRD Tuban akan Fasilitasi Polemik Warga dan PT GPP
10 Agustus 2019 | Tuban Barometer | Dibaca 2261 kali
MIYADI: Ketua DPRD Kabupaten Tuban periode 2014-2019. Foto: ISTIMEWA
DPRD Tuban langsung merespon polemik antara warga dengan PT Geo Putra Perkasa (PT GPP) terkait sewa lahan yang nunggak tiga tahun.

sripari.com | tuban-Ketua DPRD Tuban Miyadi mengatakan akan secepatnya memfassilitasi kasus sewa lahan milik warga dan aset Pemerintah Desa Sokosari dengan perusahaan penyedia dan jasa industri migas (minyak dan gas) PT GPP yang sebelumnya bernama PT Geo Link Nusantara.

"Pertama DPRD Tuban akan memberikan tugas kepada Komisi A untuk melakukan koodrdinasi dengan kedua pihak yang bersengketa. Dalam hal ini warga selaku pemilik lahan dengan PT GPP," tegas Miyadi ketika dihubungi pewarta sripari.com, Sabtu (10/08/2019) pagi.

Dengan begitu, politisi PKB ini beharap agar persoalan tersebut bisa segera tuntas dan tidak menjadi berlarut-larut serta bersemainya benih-benih konflik sosial baru di tengah masyarakat.

Hanya yang pasti, sambung hak-hak warga selaku pemilik lahan harus mendapat perlindungan dan kepastian. Tapi, pada aspek lain hak-hak PT GPP selaku pengelola lapangan gas di Dusun Rambit, ke depan juga harus memperoleh jaminan dan kepatian pula dari Pemkab Tuban

"Manakala belum ada penyelesaian, maka DPRD akan mengundang para pihak terkait dan komponen yang berkepentingan dalam forum hearing.amun kita berharap persoalan ini, sekali lagi segera tuntas dengan cara yang elegan, kepala dingin," tegas Miyadi.

Sebagai informasi, dalam rangka kegiatan operasionalnya PT Geo Link Nusantara yang kemudian berubah menjadi PT Geo Putra Perkasa (GPP) menyewa lahan milik warga untuk penanaman pipa gas dan fasilitasnya di Dusun Rambit, Desa Sokosari, Kecamatan Soko, Tuban, sejak 2008 silam.

Total lahan yang disewa seluas 1 hektar dari akumulasi kepemilikan 10 warga dan tanah aset miiik Pemerintah Desa Sokosari. Semula transaksi sewa lahan yang dibayar tahunan ini berjalan lancar. Persoalan muncul tahun 2016 setelah perusahaan menunggak sewa lahan milik warga hingga sekarang. ||

 

Reporter: M Zainuddin
Editor: As ad An-Nawawi