» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Melongok Desa Siding Pasca-Diamuk Angin "Lesus" Usai Asar
25 Desember 2018 | Tuban Barometer | Dibaca 714 kali
PUTING BELIUNG: Salah satu sudut puing rumah warga Desa Siding, Kecamatan Bancar, yang diterjang badai, Minggu (23/12/2018), petang. Foto: HUMAS POLSEK BANCAR FOR SRIPARI.COM
Lepas waktu salat Asar, Minggu (23/12/2018), hujan disertai badai "lesus" menyapu Desa Siding Kecamatan Bancar. Sejumlah bangunan rumah penduduk rusak dan pepohonan bertumbangan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden yang berlangsung pukul 16.30 wib itu.

SRIPARI.COM | TUBAN-Humas Polsek Bancar merilis, sebanyak 79 rumah warga di Desa Siding rusak akibat hujan deras yang membawa puting beliung. Tiga di antaranya rusak berat. Sementara puluhan rumah lainnya mengalami kerusakan ringan mulai atap, dinding dan beberapa bagian bangunan lain rumah berkontruksi kayu tersebut.

Paling parah bangunan TK Dharma Wanita karena tertimpa pohon meh yang tumbang. Peristiwa ini baru diketahui setelah hujan reda. Untuk melakukan pendataan sembari menunggu proses evakuasi Polsek Bancar dan Koramil Bancar mendirikan posko di salah satu rumah warga.

Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Tuban yang turun di lokasi langsung memberikan sembako. Kendati demikian tidak ada bantunan sembako susulan mengingat warga Desa Siding yang terdampak bencana sudah mandiri dan memelihara kultur gotong royong. Rumah warga yang rusak maupun  roboh di perbaiki dengan biaya sendiri dengan dibantu tenaga masyarakat setempat. 

Keputusan tersebut diambil setelah Forpimka Bancar, BPBD Tuban, pemerintah Desa Siding bersama tokoh masyarakat, melakukan telisik lapangan pascaterjadinya puting beliung  warga tidak perlu mendapatkan bantuan sembako dari instansi maupun relawan dengan pertimbangan tidak ada korban jiwa dan tidak ada gelombang pengungsian. Aktivitas warga tetap berjalan seperti biasa.

"Pascakejadian puting beliung aktivitas warga berjalan seperti biasa dan situasi tetap kondusif," tutur Kapolsek Bancar  AKP Chakim Amrullah, Senin (24/12/2018) siang. []

M ZAINUDDIN