» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Kandang Ayam dan Warung Lontong Kikil Ludes Terbakar
03 Agustus 2018 | Tuban Barometer | Dibaca 1227 kali
JADI ARANG: Warung lontong kikil di Jalan raya Desa Maibit jurusan Rengel-Bojonegoro yang ludes terbakar, Jumat (03/08/2018) malam. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Sebuah kandang ayam dan warung lontong kikil di kawasan jalan raya Desa Maibit jurusan Rengel-Bojonegoro ludes terbakar, sekitar pukul 21.00 wib, Jumat (03/08/2018) malam. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

SRIPARI.COM | TUBAN-Dalam peristiwa kebakaran di tengah hawa dingin musim kemarau yang menyengat tulang ini, selain membuat kandang berkontruksi kayu rata dengan tanah, juga ikut terpanggang 10 ribu ekor ayam di dalamnya.

Sedangkan warung lontong kikil bertetangga kandang ayam milik Asdurochib, warga Desa Rengel, juga tak bisa diselamatkan dari amukan api kendati sejumlah perabotan berhasil diamankan.

Empat unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dari Pemkab Tuban dan Pemkab Bojonegoro yang turun lokasi kebakaran tak jauh dari SPBU Rengel dan supermarket Jabal Rohmah tersebut tak bisa berbuat banyak. Hanya melakukan pembasahan agar api tak menjalar lebih luas.     

Umar, penjaga kandang ayam yang berada di hamparan persawahan Desa Maibit ini, mengatakan saat kebakaran dirinya masih mengikuti acara tahlilan keluarga di desanya. Begitu menerima kabar kandang ayam milik bosnya terbakar, lelaki 70 tahun itu langsung bergegas ke lokasi musibah.

Dia menjelaskan, berdasar penuturan karyawan kandang sumber kebakaran diduga berasal dari mesin penghangat gas elpiji yang bocor. Kemudian api menyambar sekam yang berserakan dekat mesin penghangat kandang.

"Dua karyawan kandang yang sedang bekerja sudah berusaha memadamkan api tapi tak berhasil," ujar Umar di tengah kerumunan massa yang berusaha melakukan evakuasi dengan peralatan seadanya.

Kobaran api yang semakin besar kemudian menyambar warung lontong kikil di sebelahnya. Karena konstruksi warung lontong kikil milik Ali, warga Desa Sokosari Kecamatan Soko, juga terbuat dari kayu dalam sekejap juga ludes tebakar. Saat kejadian warung sedang tutup.

Sementara petugas lapangan PLN Tuban, Sumiran, yang berada di lokasi kejadian mengatakan aliran listrik di kawasan Kecamatan Rengel, Soko, Grabagan dan sebagian Kecamatan Plumpang sengaja dipadamkan sekitar 30 menit untuk mengantipasi kejadian yang tidak diinginkan. Polisi masih mendalami peristiwa kebakaran ini. []

M ZAINUDDIN