» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Koramil Plumpang dan Warga Sumurjalak Rapatkan Barisan Sambut TMMD
04 Maret 2017 | Tuban Barometer | Dibaca 1497 kali
BAKTI TNI: Sejumlah anggota TNI jajaran Koramil Plumpang dan warga tengah melakukan kerja bakti di Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Jumat (03/03/2017) pagi. Inset: Danramil 0811/06 Plumpang Kapten Inf Istoha. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Suasana Dusun Bangolan, Desa Sumurjalak, Kecamatan Plumpang, terlihat lebih sibuk ketimbang hari-hari sebelumnya, Jumat (03/03/2017) pagi.

SRIPARI.COM | TUBAN-Sejumlah anggota TNI dari jajaran Koramil Plumpang berbaur dengan warga di tanah basah sembari membersihkan reranting dan perdu. Nuansa guyub di tengah kultur masyarakat agraris Kabupaten Tuban belahan selatan ini, ternyata merupakan prepare yang menjadi rangkaian pra program  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-93 (bukan ke-37 seperti yang diberitakan sebelumnya) di Desa Sumurjalak, April mendatang.

Danramil 0811/06 Plumpang, Kapten Inf Istoha, mengatakan Dusun Bangolan di Desa Sumurjalak tengah diplot menjadi ajang kegiatan darma bakti TNI dalam program TMMD tahun 2017 yang rencananya akan digelar bulan depan.

Dia menjelaskan, sejumlah infrastruktur yang akan dipulihkan akibat disasar bencana banjir akhir tahun lalu ini, meliputi perbaikan jalan dusun sepanjang 750 meter, dengan rincian 650 meter hotmik dan 100 meter sisanya makadam.

Kemudian pembangunan dua gorong-gorong, satu unit boks jembatan, tembok penahan tanah (TPT) sepanjang 400 meter ditambah satu musala serta 10 unit RTLH.

“ Kegiatan TMMD tidak hanya dilakukan TNI namun juga didukung masyarakat setempat, sehingga manunggal TNI dengan rakyat akan dapat terjalin,” tandas Istoha.

Dia berharap, pembangunan infrastruktur jalan dan fasilitas lainnya dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat. Yakni dapat meningkatkan roda perekonomian sehingga mempermudah masyarakat dalam melakukan berbagai aktivitas.

“Pembangunan jalan yang dilakukan dalam kegiatan TMMD juga sebagai upaya mendukung program kedaulatan pangan. Karena dengan fasilitas jalan yang layak dapat membantu petani dari aspek transportasi produksi hasil panen,” terang Istoha di sela kegiatan kerja bakti di Dusun Bangolan. []

WARIGALIT DE BRO