» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Kebijakan Libur Sekolah Tidak Ada Urusannya dengan Pilkades
10 Desember 2016 | Tuban Barometer | Dibaca 1496 kali
MUJIB: Kebijakan libur sekolah tidak ada kaitannya dengan pilkades. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Kebijakan meliburkan siswa bersamaan dengan gelaran pilkades Desa Gunung Anyar, Kecamatan Soko, Kamis (08/12/2016), sama sekali tidak berkaitan.

SRIPARI.COM, TUBAN-Penegasan tersebut disampaikan Mujib (bukan Mohamad Mujib seperti yang diberitakan lalu) menanggapi kebijakan meliburkan siswa di tengah pelaksanaan pesta akar rumput enam tahunan tersebut.

Dalam pilkades Desa Gunung Anyar kali ini memang dia maju sebagai calon kades dengan nomor urut 2. Soal kebijakan meliburkan siswa pada saat pelaksanaan pilkades, Mujib menyebut persoalan itu tidak ada kaitan dengan dirinya yang maju sebagai kandidat.

"Soal (kebijakan libur) itu bukan urusan saya. Karena memang saya bukan kepala SMP Gus Dur Kepala sekolahnya Pak Aminanur Rohman," tegas Mujib kepada pewarta sripari.com, Sabtu (10/12/2016) sore.

Namun begitu, dia mengatakan kebijakan meliburkan siswa semata hanya sebagai wujud menghormati dan memarakkan pesta demokrasi enam tahunan di tingkat desa.

Apalagi, sambung dia, pelaksanaan ulangan akhir semester (UAS) juga sudah rampung sehingga secara substansi tidak mengganggu pelaksanaan proses belajar mengajar. Kebijakan meliburkan siswa, tandas Mujib, juga sudah dilakukan koordinasi dengan pihak terkait termasuk Kepala UPTD Disdikpora Kecamatan Soko.

Sayangnya Kepala Disdikpora Tuban Sutrisno belum dapat dikonfirmasi soal kebijakan meliburkan siswa di tengah pelaksanaan pilkades Desa Gunung Anyar. Ketika dihubungi via telepon ponselnya tidak aktif. Sedangkan Kepala Kantor Kemenag Tuban Abdul Wahib juga belum berhasil dikonfirmasi.

Tapi, sejumlah pejabat di lingkungan Kantor Kemenag Tuban yang dihubungi menyatakan persoalan tersebut diserahkan kepada masing-masing kebijakan lokal yang menaungi sekolah dimaksud.

"Saya tidak tahu persis kebijakan di Tuban seperti apa. Tapi yang pasti tidak ada instruksi meliburkan sekolah di saat pelaksanaan pilkades. Tapi sekali lagi itu kebijakan lokal," ujar mantan Kasi Penma Kantor Kemenag Tuban Muhlisin Mufa yang mengaku belum sebulan mutasi ke Kantor Kemenag Bojonegoro ini. []

M ZAINUDDIN