» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Suwarno, Kardjani dan Darmanto "Tumbal" Laut Tuban Pulang Kampung
22 November 2016 | Tuban Barometer | Dibaca 1546 kali
EVAKUASI: Tiga korban ABK KM Mulya Sejati atas nama Suwarno dari Pekalongan; Kardjani warga Desa Pedak, Kecamatan Sulang, Rembang serta Darmanto asal Kabupatan Batang, Jawa Tengah, dipulangkan ke kampung halamannya. Foto: GOOGLE IMAGE DIOLAH
Tiga korban tewas KM Mulya Sejati yang terbelah dua pasca ditabrak kapal kargo MV Thaison IV dipulangkan ke kampung halamannya di Jawa Tengah atas biaya Pemkab Tuban, Selasa (22/11/2016). Pencarian disetop karena faktor cuaca sehingga 12 korban lainnya belum ditemukan.

SRIPARI.COM, TUBAN-Ketiga ABK KM Mulya Sejati yang berhasil diidentifikasi tim disaster victim investigation (DVI) Polda Jawa Timur itu, masing-masing Suwarno dari Pekalongan; Kardjani warga Desa Pedak, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang serta korban Darmanto asal Kabupatan Batang, Jawa Tengah

"Pemkab Tuban memfasilitasi kepulangan tiga ABK KM Mulya Sejati sampai ke kampung halamannya masing-masing," kata Kalaksa BPBD Pemkab Tuban, Joko Ludiono.

Dia menjelaskan, pencarian te rhadap ke-12 korban yang belum ditemukan yakni Anto, Jarto, Wanidi, Rasiti asal Kabupaten Pekalongan, kemudian Cahyono dan Purnomo dari Ngerang juga Joko Purnomo dari Pasucen, Trangil, Pati, Nur Slamet, Margotuwu serta Sunardi asal Telogomojo dan Bayu dari Kabupaten Kudus, terpaksa dihentikan karena cuaca yang tidak mendukung. Selain itu masih ada tiga ABK lainnya dari Kudus dan Gembong yang masuk daftar pencarian tim gabungan. Hanya saja ketiga nama ini tidak ada dalam data manisfes penumpang.

“Pencarian terhadap 12 ABK kapal yang hilang dihentikan sementara akibat cuaca buruk. KIta akan kembali melakukan besok pagi (Rabu, 23/11/2016). Kami memprediksi cuaca akan kembali normal di pagi hari,” tutur Joko.

Menurutnya, pencarian korban pada hari keempat ini belum menemukan adanya tanda-tanda korban. Pihaknya hanya menemukan sejumlah peralatan milik para nelayan yang hilang seperti jaring, lampu senter serta tali.

Tabrakan KM Mulya Sejati versus kapal kargo MV Thaison IV, terjadi di tengah perairan laut utara Pulau Jawa pada titik koordinat 06.33.03.5/112 derajat , 09 derajat, tak jauh dari pelabuhan TPPI yang berada di pesisir Desa Remen, Kecamatan Jenu, Sabtu (19/11/2016) dinihari.

Sebelum nahas, kapal kargo MV Thaison IV seberat 8.216 GT dengan membawa 22 ABK menuju pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dengan juru mudi Nguyen Duc Hung. Kapal dengan IMO number 9370587 ini sedang mengangkut tepung tapioka dari Singapura. Sedangkan KM Mulya Sejati yang beratnya hanya 41 GT dalam perjalanan melaut berburu ikan. []

M ZAINUDDIN