» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Mi Instan Hingga Dollar Singapura "Hidupkan" Lagi Joko "Hidrosefalus" Waras
15 November 2016 | Tuban Barometer | Dibaca 1497 kali
BERBAGI RASA: Brigadir Eko Heri W menyerahkan titipan empati dari Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad dan Kapolsek Rengel AKP Musa Bakhtiar untuk Joko Waras di rumahnya Desa Sumberjo. Hal serupa dilakukan Mujari anggota FKB DPRD Tuban. Sementara komunitas pengayuh becak Tuban menjenguk Joko Waras di RSUD sembari memberikan donasi. Foto: SRIPARI.COM/EKO SETYONO
Di tengah upaya Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban menjinakkan hidrosefalus yang menggerogoti kepala Joko Waras yang terlahir dengan nama Ahmad Sahrul Mari, empati dan donasi terus mengalir dari berbagai elemen masyarakat. Bahkan sejumlah pegiat kemanusiaan dari Singapura turut berbagi rasa dengan mengirimkam donasi dalam bentuk dollar.

SRIPARI.COM, TUBAN-Rumah mungil di atas gugusan bukit kapur Dusun Kopen, Desa Sumberjo, Kota Rengel, yang sudah setahun belakangan menjadi saksi nestapa Joko Waras, mulai sibuk menerima tamu yang datang berbagi rasa menyampaikan donasi. Mi instan hingga Dollar Singapura terus mengalir.

Tak hanya masyarakat biasa, sejumlah pejabat seperti Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad, Kapolsek Rengel AKP Musa Bakhtiar, anggota FKB DPRD Tuban Mujari dari Dapil III, serta pejabat dari jajaran Pemkab Tuban, turut menyambangi rumah sederhana di  RT 10 RW 04 Dusun Kopen, Desa Sumberjo.

Fakta kemanusiaan itu nyaris membuat Dwi Indah Setyo Rini (20), ibunda Joko Waras, dan seluruh keluarga nyaris tidak percaya. Bahwa kini dia tidak sendiri, seperti kalimat sakti You ll Never Walk Alone yang selalu dikobarkan fans Liverpoll saat klub kesayangannya berlaga di kompetisi Liga Inggris, bukan slogan kosong.

"Kami benar-benar terharu. Ternyata kami tidak sendiri. Di luar sana masih banyak orang-orang yang mau peduli dengan kami," ungkap Dwi menahan haru disamping kakaknya Sugianto, usai menerima titipan bantuan dari Kapolres Tuban AKBP Fadly Samad dan Kapolsek Rengel AKP Musa Bakhtiar berupa amplop yang diserahkan Brigadir Eko Heri W.

Dia menuturkan, selain deretan bantuan itu juga ada beberapa donasi pegiat kemanusiaan asal Singapura untuk Joko Waras berupa dollar. Salah satunya memberikan donasi 30 Dollar Singapura. Yang paling mengharukan, sambung Dwi, ketika komunitas pengayuh becak Kota Tuban datang menjenguk anaknya di RSUD. Di tengah ekonomi mereka yang pas-pasan masih sempat memberikan bantuan mi instan dan sejumlah uang.

Sementara Kapolsek Rengel AKP Musa Bakhtiar, mengatakan kegiatan humanis ini dilakukan semata sebagai wujud kepedulian dari Polri dan dukungan moril kepada keluarga Ahmad Sahrul Mari alias Joko Waras.

“Sedikit bantuan dari kami dan  titipan dari Bapak Kapolres Tuban semoga bermanfaat” ungkap Musa saat ditemui, Selasa (15/11/2016) pagi di Mapolsek Rengel. []

 EKO SETYONO | M ZAINUDDIN