» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Tuban Barometer

Sambung Roso, Jurus Polsek Rengel Buktikan Polisi Milik Masyarakat
02 November 2016 | Tuban Barometer | Dibaca 1506 kali

HARMONIS: Aparat Polsek Rengel rutin menggelar rembug warga. FOTO: HUMAS POLSEK RENGEL

Kesadaran masyarakat merasa memiliki polisi di Kecamatan Rengel terus meningkat. Polisi dan masyarakat ibarat dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan. Hal itu dibuktikan seiring naiknya pula kesadaran masyarakat akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Lantas jurus apa yang diracik jajaran Polsek Rengel untuk menciptakan harmonisasi di tengah masyarakat itu?

SRIPARI.COM, TUBAN-Kapolsek Rengel AKP Musa Bakhtiar, menegaskan kemitaraan polisi dan masyarakat adalah kata kunci untuk mencipatakan kamtibmas, di tengah tantangan Polri ke depan yang semakin kompleks dan dinamis. Memiliki hubungan baik dengan masyarakat, menampilkan kepribadian dan sikap rendah hati, serta menyikapi kritik sebagai kontribusi positif bukan sebagai dakwaan, adalah wajib hukumnya.

Ketika ditanya jurus apa yang digunakan sehingga masyarakat semakin dekat dengan polisi, dengan tegas Musa menjawab Patroli Sambung Roso. Sesuai dengan namanya, sambung roso atau menyambung silaturahim, jajaran Polsek Rengel rutin menyapa warga yang sedang berkumpul. Kesempatan ini juga dimanfaatkan berdialog dengan warga untuk menggali masukan terkait dengan kegiatan dan kinerja Polsek Rengel.

"Kita namakan kegiatan patroli rutin ini sebagai Patroli Sambung Roso. Selain menjaga kamtibmas, kegiatan ini sebagai sarana berbaur dan berkomunikasi langsung dengan masyarakat," tutur mantan Kasat Lantas Polres Sumenep ini.

Musa mengimbuhkan, dengan kerja sama yang baik antara warga dengan polisi diharapkan bisa menggerus tindak kejahatan di lingkungan masing-masing. Selain itu, warga juga bisa langsung melaporkan kepada polisi jika timbul pelbagai hal yang tidak diinginkan.

"Dengan berdialog kita bisa lebih akrab dengan warga masyarakat. Bisa mendengarkan keluh kesah, masukan, maupun harapan warga secara langsung. Jika silaturahmi dengan masyarakat sudah terpelihara, maka kamtibmas di lingkungan masing-masing juga akan terjaga," katanya lagi.

Dengan menggunakan mobil Patroli 801, Polsek Rengel terus menggencarkan patroli keliling ke sejumlah titik pemukiman penduduk yang ada di wilayahnya. Selain pemukiman, anggota juga menyisir sejumlah titik yang berpotensi terjadi tindak pidana kejahatan.

Setelah bergerak ditempat-tempat rawan, petugas kemudian mendatangi pos kamling dan tempat berkumpul warga lainnya.

"Kita berharap situasi kamtibmas di Kecamatan Rengel selalu aman dan kondusif berkat kerja sama dengan semua pihak," tutup Musa. []

M ZAINUDDIN