» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Surabaya Barometer

Jelang Even Suksesi 5 Tahunan Kapolda Jatim Pastikan Kamtibmas Aman
22 Maret 2018 | Surabaya Barometer | Dibaca 724 kali
PILKADA DAMAI: Gubernur Jatim Soekarwo didampingi Kapolda Irjen Machfud Arifin memimpin pembacaan ikrar damai pilkada dalam rakor ketertiban dan keamanan di wilayah Provinsi Jawa Timur 2018 di Convention Hall Grand City Surabaya, Selasa (20/03/2018). Foto: HUMAS POLRES BOJONEGORO FOR SRIPARI.COM
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin menyatakan potret terkini kamtibmas di provinsi yang akan menggelar pemilihan gubernur serta 18 pemilihan bupati dan wali kota, 27 Juni mendatang sangat kondusif.

SURABAYA | SRIPARI.COM-Machfud mengungkapan, pemetaan kerawanan dalam rangka proses even suksesi lima tahunan yang menjadi bagian dari pilkada serentak 2018 kali ini sudah dilakukan secara baik. Dan, tingkat kerawanan di Jawa timur dinilai masih sangat kondusif. Tolak ukurnya hingga sejauh ini tidak muncul adanya konflik sosial di masyarakat.

"Adapun isu aktual yang terjadi sekarang ini yaitu berita hoax, isu penyerangan ulama dan kasus OTT (operasi tangkap tangan) pejabat di beberapa wilayah di Jatim," kata Machfud di depan peserta rakor ketertiban dan keamanan di wilayah Provinsi Jawa Timur 2018 di Convention Hall Grand City Surabaya, Selasa (20/03/2018).

Namun dia menegaskan, beredarnya isu penyerangan terhadap ulama kemudian beritanya lebih dibesar-besarkan atau dikemas tidak sesuai fakta di lapangan.

Selain itu, sambung Machfud, dalam upaya menciptakan pilkada dama Polda Jatim telah menggelar giat operasi cipta kondisi,pendekatan kepada para ulama, awak media, akademisi, tokoh masyarakat dan aparatur pelaksana pilkada. Kemudian diikuti dengan berbagai deklarasi dari aliansi ulama Madura (Auma), ssosiasi ulama se-wilayah tapal kuda (Autada), BEM se-Jatim, insa media, FKUB, inovasi berbasis IT, kelola konflik juga sinergitas dengan semua lini elemen masyarakat.

"Kekuatan Polda Jatim bukan semata pada personel dan senjata yang dimiliki. Namun kekuatan terbesar ada pada masyarakat itu sendiri yang menghendaki perdamaian," tandas Machfud sembari mewanti-wanti masyarakat dewasa dalam berpolitik sehingga pesta demokrasi berjalan aman dan kondusif.

Sebagai informasi, rapat koordinasi tersebut diikuti para pejabat utama Polda Jatim dan Kodam V Brawijaya, Danrem, Kapolres/Kapolresta jajaran, Dandim, para bupati dan wali kota, Kajari, Ketua KPU Jatim, Ketua Bawaslu Jatim, Kapolsek dan Danramil serta para camat di Jatim. []

M ZAINUDDIN