» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Edukasi

Ini Pesan Bupati Anna Muawanah Hari Pertama Masuk Sekolah di SMPN 4 Bojonegeoro
15 Juli 2019 | Edukasi | Dibaca 700 kali
TAMAN KASIH SAYANG: Para siswa baru mengikuti upacara masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di SMPN 4 di Jalan Lettu Suyitno nomor 27 Bojonegoro, Senin (15/07/2019) pagi. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Proses migrasi anak-anak purna sekolah dasar (SD) yang beralih status menjadi siswa sekolah menengah pertama (SMP) menjadi perhatian khusus Bupati Bojonegro Anna Muawanah.

SRIPARI.COM | BOJONEGORO-Salah satu lembaga pendidikan yang disapa hari pertama masuk sekolah adalah SMPN 4 di Jalan Lettu Suyitno nomor 27 Bojonegoro, Senin (15/07/2019) pagi, bertepatan dengan gelaran upacara masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) kepada siswa baru yang masih mengenakan seragam putih-merah.

"Hari ini anak-anak mulai masuk sekolah dan dihadapkan pada lingkungan baru, tahapan baru, teman baru, guru baru, suasana baru dan bahkan mungkin asing.Ini menunjukkan ada proses yang berkelanjutan dan terus menerus dalam siklus kehidupan yang harus dislapkan, direncanakan sebaik balknya untuk kemajuan bersama," ungkap Anna dalam amanat tertulis yang dibacakan asisten bidang perekenomian dan pembangunan Pemkab Bojonegoro Setyo Yuliono saat menjadi pembina upacara di SMPN 4.

Menurut dia, pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk mengenalkan program, cara belajar, sarana prasarana sekolah, penanaman konsep pengenalan diri serta pembinaan awal kultur sekolah bagi anak-anak yang baru masuk.

"Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan potensi diri siswa, membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitar, menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai siswa baru," tandas Anna.

Selanjutnya, Anna menegaskan MPLS juga mengemban interaksi positif antar siswa dan warga masyarakat serta menumbuhkan periiaku positif, kejujuran, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan. Kemudian hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki integritas, etos kerja serta semangat gotong royong.

Revolusi Teknologi Jawaban Perubahan

Bupati wanita pertama dalam sejarah Bojonegoro ini kemudian mengingatkan perubahan saat ini terjadi begitu cepat, yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya.

"Untuk itu, revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara kita hidup. Cara kita bekerja dan tentu saja cara kita belajar. Meramalkan masa depan menjadi semakin sulit karena ketidakpastian perubahan yang ada. Namun yang harus kita pastikan kepada anak-anak kita adalah bahwa kita memberikan dukungan sepenuhnya kepada mereka untuk menyiapkan diri meraih kesempatan yang terpampang di hadapannya," papar Anna.

Pada kesempatan in Anna juga berharap agar pendidikan benar-benar berperan sebagai pelita bagi anak-anak yang akan membuatnya bisa melihat peluang, mendorong kemajuan, menumbuhkan karakter serta memberikan kejernihan dalam menata dan menyiapkan masa depan.

"Marl kita jadikan sekolah sebagai taman kasih sayang yang saling menghormati, mencintal dan saling membantu. Mari kita jadikan masa pengenalan lingkungan sekolah sebagai pintu masuk untuk sesama warga sekolah dan lingkungan yang saling asah, asih, asuh dan memotivasi untuk menjadikan jalan sukses," tandas Bupati Anna. []


Reporter: M Zainuddin
Editor: As ad An-Nawawi