» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Edukasi

Kapolres Bojonegoro Akan Sambangi Sekolah Kampanyekan Budaya Tertib Berlalu Lintas
11 Mei 2018 | Edukasi | Dibaca 718 kali
AKBP ARY FADLI: Kapolres Bojonegoro. Foto: HUMAS POLRES BOJONEGORO FOR SRIPARI.COM
Sekolah sebagai dunia kecil masyarakat adalah tempat yang paling efektif untuk membumikan budaya tertib berlalu lintas sejak dini.

BOJONEGORO | SRIPARI.COM-Penegasan tersebut disampaikan Kapolres Bojonegoro AKBP Ary Fadli menyikapi fenomena maraknya anak di bawah umur yang masih duduk di SMP dan SMA menggunakan kendaraan bermotor di jalan raya.

Dia menyebut, masih banyaknya pelanggaran pengendara anak di bawah umur.itu terekam nyata sepanjang gelaran Operasi Patuh Semeru 2018 sepanjang 26 April sampai 9 April lalu.

Merespon fenomena itu, Ary bersama Satlantas Polres Bojonegoro berencana kembali menggiatkan Polisi Sambang Sekolah (police goes to school) sebagai upaya menanamkan budaya tertib berlalu lintas sejak dini.

“Kami akan terus sosialisaikan keamanan dan keselamtan berlalu lintas pada masyarakat pengguna jalan termasuk juga ke sekolah-sekolah. Fokus program polisi sambang sekolah ini adalah menanamkan budaya tertib berlalu lintas kepada masyarakat sejak dini. Diharapkan, dapat menjadi bekal penunjang keselamatan anak-anak," ungkap Ary.

Dikatakan, sesuai amanat undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, Polri diharapkan dapat mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban lalu lintas (kamseltibcar lantas). Juga meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta membangun budaya tertib berlalu-lintas.

"Kami dari kepolisian, khususnya polantas tentu tidak bisa melakukan sendiri. Diperlukan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam menemukan akar masalah dan solusinya. Termasuk juga perlunya peran serta masyarakat untuk bersama-sama menciptakan
kamseltibcar lantas." tutur dia.

Menurut Ary, tujuan Operasi Patuh Semeru 2018 adalah untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas di jalan raya serta meminimalisasi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas. Selain itu, diharapkan dapat menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas serta meningkatnya partisipasi untuk tertib dalam berlalu lintas.

"Semoga usai pelaksanaan operasi ini kami harapkan terwujud situasi kamseltibcar lantas di Bojonegoro. Jadikan tertib berlalu lintas menjadi budaya masyarakat Bojonegoro,” tegas dia. []

HUMAS POLRES BOJONEGORO