» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Edukasi

Siapkan Lulusan Santun dan Profesional SMKN Rengel Gelar Servis Gratis
30 April 2018 | Edukasi | Dibaca 1573 kali
SERVIS GRATIS: Para siswa SMKN Rengel menerima pembekalan sebelum melakukan bakti masyarakat, Rabu (25/04/2018) pagi. HUMAS SMKN RENGEL Foto: . HUMAS SMKN RENGEL
Merespon tantangan pendidikan abad 21 warga SMK Negeri Rengel mendedikasikan baktinya kepada masyarakat dengan menggelar servis gratis sepeda motor.

TUBAN | SRIPARI.COM-Acara yang berlangsung 24-25 April 2018 lalu itu, merupakan kolaborasi sosial jurusan teknis dan bisnis sepeda motor (TBSM)  SMKN Rengel dengan Ahass Surya Perdana Indah Rengel, dan disambut hangat masyarakat sekitar sekolah.

Terbukti, di awal acara yang baru kali pertama dilakukan SMKN Rengel tesebut sudah mengantri 50 sepeda motor milik warga  untuk diulik. Bakti servis cuma-cuma melibatkan lima siswa pilihan dari jurusan TBSM dengan didampingi mekanik Honda dari SPI sebagai pengawasnya.

Kepala Kompetensi Keahlian (Kakomli) SMKN Rengek, Muslimin, menjelaskan bakti servis gratis ini merupakan langkah menyiapkan lulusan SMK terjun di tengah masyarakat dan bagian dari pendidikan karakter.

“Tidak hanya servis gratis. APC (automotive public center) SMK Negeri Rengel juga membuka konsultasi perihal otomotif  kendaraan warga. Juga ada parts and merchandise menarik dari Honda,” tutur Muslimin.

Sementara survisor advise Ahass SPI, Junaidi, menyatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan servis gratis keliling ke setiap sekolah seperti di SMKN Rengel tersebut.

“Selain meningkatkan citra perusahaan, kami juga dapat mencari bibit-bibit unggul dari siswa SMK Negeri Rengel untuk direkrut di Honda ke depannya.” terang Junaedi.

Kepala SMKN Rengel, Hidayat Rahman, mengungkapkan servis gratis ini merupakan kegiatan positif  bagi sekolah yang dipimpinnya.

“Jadi kalau bisa ini dijadikan agenda rutin setiap semester. Mengingat kegiatan ini sebagai ajang dalam menjalin kerjasama dengan pihak dudi (dunia usaha dan dunia industri). Selain itu, juga dapat membentuk karakter keterbukaan siswa dalam menyiapkan lulusan SMK pada dunia kerja,” papar Pak Hid, panggilan akrab Hidayat Rahman.

Untuk diketahui, sebelum gelaran servis gratis terlebih dulu diawali dengan pel pagi dari jurusan TBSM. Kemudian dilanjutkan penampilan seni para siswa SMK Negeri Rengel berupa kolaborasi musik tradisional tongklek dan band. Acara berlangsung meriah lantaran dua jurusan yakni TBSM dan teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO) berkolaborasi unjuk kreativitas seninya. []

M  ZAINUDDIN