» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Edukasi

Tanamkan Sejak Dini Nilai Pancasila Tangkal Narkoba dan Radikalisme
23 Januari 2017 | Edukasi | Dibaca 1480 kali
GENERASI UNGGUL : Danramil Plumpang Kapten Istoha saat menjadi pembina upacara di MTs Miftahul Ulum Desa Magersari, Senin (23/01/2017) pagi. Foto: SRIPARI.COM/M ZAINUDDIN
Pada era globalisasi seperti sekarang ini tantangan yang dihadapi generasi muda cukup berat. Dua ancaman besar yang bisa merusak masa depan mereka yakni peredaran narkoba dan paham radikalisme.

SRIPARI.COM, TUBAN-Maraknya narkoba di kalangan remaja dan pesatnya perkembangan teknologi informasi yang negatif, telah berpengaruh pada perilaku tidak terpuji seperti pergaulan bebas dan masuknya paham radikalisme.

Berkaitan itu, nilai dan doktrin Pancasila harus ditanamkan sedini mungkin, terutama bagi anak-anak sekolah. Sehingga mereka mempunyai pedoman untuk menyaring budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia.

“Hanya bangsa yang berkarakter yang bisa memenangkan persaingan di era globalisasi. Makanya sangat penting menanamkan nilai dan ajaran Pancasila sejak usia dini,” tutur Danramil 0811/06 Plumpang Kapten Istoha di depan para siswa MTs Miftahul Ulum Magersari saat menjadi pembina upacara, Senin (23/01/2017) pagi.

Menurut dia, saat ini peredaran narkoba dan gerakan radikal sudah mulai menyasar ke sekolah-sekolah. Para siswa diwanti-wanti harus waspada menghadapi ancaman tersebut. Siswa siswi harus memiliki konsep diri yang kuat agar dapat membedakan mana hal baik dan benar.

”Generasi muda merupakan tunas bangsa, harapan bangsa, harus bisa memahami dan menjauhi persoalan itu. Saat ini perang sudah tidak ada. Namun, ada penjajahan dalam bentuk lain untuk melemahkan bangsa kita. Contohnya dengan narkoba dan paham radikalisme ke generasi muda,” terang dia.

Kapten Istoha berharap siswa siswi tidak terjerumus. Yang terpenting sekarang ini para siswa belajar dengan sungguh-sungguh. Karena hal itu merupakan bekal menjadi generasi muda yang unggul di era globalisasi.

”Anak-anak harus bisa menyaring mana yang baik dan benar. Selain itu harus pintar belajar dan bergaul. Bergaul boleh tapi jangan sampai lebur. Kalau sampai terkena narkoba dan paham radikal bakal tidak berkualitas, tidak mampu bersaing. Negara pun akan lemah,” tegas Istoha. []

M ZAINUDDIN