» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Budaya

Kolaborasi dengan Tiongkok, Batik "Jonegoroan" Menggapai Langit Dunia
29 Mei 2018 | Budaya | Dibaca 1317 kali
MOU: Momen penandatanganan kerjasama antara Disbudpar Pemkab Bojonegoro dengan Blue White Internasional (BWI) dan House of Martini Suarsa, di Lotus Ballroom Hotel Grand Aston Yogyakarta, Jumat (25/05/2018) malam lalu. Foto: HUMAS PEMKAB BOJONEGORO FOR SRIPARI.COM
Upaya membuka mata dunia melek terhadap wisata dan budaya serta potensi Kabupaten Bojonegoro terus dirintis Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) pemkab setempat.

YOGYAKARTA | SRIPARI.COM-Teranyar, promosi sebagai ikhtiar nyata menyasar peradaban dunia ini dilakukan dengan menggelar Java Visit For Batik and Tourism of Bojonegoro Collaboration Culture BWI Internasional Qipao Pageant 2018-October 2018 Bojonegoro Petroleum Park, yang berlangsung di Lotus Ballroom Hotel Grand Aston Yogyakarta, Jumat (25/05/2018) malam lalu. 

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatanganan kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Disbudpar Pemkab Bojonegoro dengan Blue White Internasional (BWI) dan House of Martini Suarsa, sebagai promotor untuk mengenalkan potensi Bumi Angling Darmo kepada agen-agen wisata internasional. 

Kepala Disbudpar, Amir Syahid, mengungkapkan gelaran ini merupakan momen istimewa sebagai upaya memperkenalkan dan mempromosikan kerjainan, potensi wisata serta budaya yang dimiliki Kabupaten Bojonegoro. Terutama kerajinan batik. Salah satunya batik "Jonegoroan" yang akan dijadikan ikon meniti langit pasar dunia.

Amir, bahkan menyebut kesepakatan kerjasama tersebut juga sebagai panggung untuk mengkolaborasikan dua kutub budaya yang saling berasimilasi yakni budaya Indonesia dan Tiongkok.

"Pada prinsipnya acara ini untuk mengembangkan budaya dan hasil kerajinan masyarakat Bojonegoro ke kancah dunia," terang Amir dalam rilisnya yang dikirim Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro kepada redaksi sripari.com, malam kemarin. 

 Selain Pj Bupati Bojonegoro Supriyanto, hadir pula dalam acara tersebut Kanjeng Raden Tumenggung Gondohadiningrat selaku perwakilan dari Keraton Yogyakarta, jajran pejabat di lingkup Pemkab Bojonegoro, akademisi UPN Veteran Yogyakarta serta Universitas Gajah Mada. Juga ada tim asosiasi desa wisata, tim seni dan budaya, para desainer serta perajin dari pelbagai penjuru Bojonegoro. Termasuk Duta Wisata Kange-Yune Bojonegoro dan Duta Wisata Diamas Diajeng DIY. []

M ZAINUDDIN