» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Bojonegoro Barometer

Khofifah Resmikan Jembatan TBT Dipayungi Lantunan Burdah
12 Januari 2022 | Bojonegoro Barometer | Dibaca 381 kali
RESMI: Gubernur Jatim Khofifah didampingi Bupati Bojonegoro dan Tuban memasuki jembatan TBT, Rabu (12/01/2022) siang. Foto: YOUTUBE PEMKAB BOJONEGOERO
Lantunan salawat burdah mengiringi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan pembukaan jembatan terusan Bojonegoro Tuban (TBT).

sripari.com | tuban-Suasana sakral berbalut harmoni mewarnai peresmian jembatan penghubung Kecamatan Kanor Bojonegoro dan Kecamatan Rengel Tuban (KaRe) sepanjang 210 meter yang membentang di atas Bengawan Solo, Rabu (12/01/2022) siang.

"Mari kita resmikan jembatan TBT ini dengan membaca Bismilahirrohmaanirrokhim. Begini, dulu KH Wahab Hasbullah memberikan ijazah (izin untuk mengamalkan amalan dari kiai). Kalu mau maasuk rumah, memulai menggunakan jembatan untuk membaca salawat burdah," kata Khofifah yang kemudian melantunkan salawat burdah diikuti massa yang hadir di tepian bantaran Bengawan Solo Desa Semambong Kecamatan Kanor Bojonegoro.

Sebelumnya, dalam acara yang juga dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Muawanah dan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky (lindra), Khofifah menjelaskan jembatan TBT ini merupakan akses koneksitas dua wilayah yakni Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban.

"Kalau akses dan koneksitasnya lebih luas tentu akan memnuhi hajat hidup masyarakat lebuh luas pula. Baik dari aspek ekonomi maupun sosial," tandas dia.

Sekadar mengingatkan, sebelum jembatan TBT membantang di atas Bengawan Solo yang menjahit wilayah Pulau Jawa itu, warga sekitar yang mengunakan motor agar bisa melewati Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Tuban harus menyeberangi Bengawan Solo, dengan menggunakan perahu tambangan.

Sedangkan pengguna kendaraan roda empat harus memutar jauh untuk bisa melewati dua kabupaten tersebut, yakni melewati jalur Rengel-Ponco hingga Bojonegoro tak kurang dari 35 kilometer. []


M ZAINUDDIN