» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Bojonegoro Barometer

Damkar Bojonegoro Entas 3 Sapi yang Terjebak Kebakaran
11 November 2019 | Bojonegoro Barometer | Dibaca 745 kali
PEMBASAHAN: Personel damkar melakukan evakuasi kebakaran di Desa Sekar Kecamatan Sekar, Sabtu (09/11/2019) siang. Foto: DINAS DAMKAR PEMKAB BOJONEGORO FOR SRIPARI.COM
Personil Dinas Pemadaman Kebakaran (Damkar) Pemkab Bojonegoro berhasil menyelamatkan tiga ekor sapi dari amukan si jago merah.

sripari.com | bojonegoro-Peristiwa itu terjadi bersamaan dengan tebakarnya rumah yang difungsikan sebagai kandang sapi milik Subianto (40) warga RT 013 RW 06 Dusun Gedongan Desa Sekar Kecamatan Sekar, Sabtu (09/11/2019) siang.

Meski tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang terjadi sekitar pukul 13.30 wib atau berselang dua jam dari insiden puting beliung disertai fenomena hujan es yang memorak-porandakan sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro rembang petang, namun rumah berkontruksi kayu jati berukuran 5x9 meter yang merupakan kandang sapi tersebut ludes jadi arang.

"Salah satu material berharga yang berhasil kita selamatkan adalah tiga ekor sapi dewasa yang terjebak dalam kebakaran," terang Kabid Pemadaman Dinas Damkar Kabupaten Bojonegoro Sukirno.

Dia memparkan, Pos Damkar Kecamatan Sekar begitu mendapat laporan dari Adi Santoso, tetangga korban, langsung meluncur ke lokasi musibah.

Dengan mengerahkan satu unit mobil PMK dan tiga personel dibaantu tiga pilar yang terdiri dari polsek, koramil dan satpol PP serta dibantu warga api berrhassil dijinakkan kurang dari satu jam.

Sukirno menjelaskan, sumber kebakaran berasal dari tumpukan jerami yang ada di dalam kandang. Bangunan berkontrukssi serta beberapa barang di dalam kandang yang mudah terrbakar membuat api membesar dengan cepat.


Untuk itu Sukirno mengimbau kepada masyarakat agar lebih waspada menyimpan barang-brang yang mudah terbakarr di dalam rumah, Selain itu dia juga mewanti-wanti agar warga yang sedang menyalakan kompor atau sumber api lainnya agar tidak ditinggal pergi.

"Pastikan ketika akan meninggalkan rumah periksa kompor dan ssumber api lainnya untuk menghindari risiko sekecil apapun," tandas Sukirno. []


Reporter: M Zainuddin
Editor: As ad An-Nawawi