» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Bojonegoro Barometer

Bertemu Petani Padangan, Afwan Maksum akan Perjuangkan Bantuan Alsintan
05 Maret 2019 | Bojonegoro Barometer | Dibaca 753 kali
SERAP ASPIRASI: Para warga Desa Purworejo, Kecamatan Padangan, Bojonegoro saat mengikuti reses anggota Komisi B DPRD Jatim Afwan Maksum, akhir bulan lalu. Inset: Afwan Maksum. Foto: AFWAN MAKSUM FOR SRIPARI.COM
Wacana para petani di Desa Purworejo, Kecamatan Padangan, segera menikmati alat dan mesin pertanian (alsintas) bantuan dari pemerintah sepertinya bukan lagi sekadar rumor

SRIPARI.COM | BOJONEGORO-Harapan itu hidup lagi setelah masyarakat di salah satu desa tani kawasan Kabupaten Bojonegoro belahan barat iui bertemu langsung dengan amggota Komisi B DPRD Jawa Timur Afwan Maksum saat menggelar kegiatan di luar gedung dewan atau reses jilid pertama tahun 2019 yang digelar di ujung bulan Februari lalu.

Kepada tak kurang dari 150 warga mulai tokoh masyarakat, pemuka agama dan kelompok tani yang menjubeli acara yang berlangsung gayeng tersebut, anggota DPRD Jatim Dapil IX (Bojonegoro-Tuban) ini, mengatakan akan berjuang total agar petani setempat bisa segera mendapatkan alsintan yang secara rutin didistribuikan pemerintah dalam setiap tahunnya kepada kelompok tani di Jawa Timur.

"Usulan (bantuan alsintan) akan kami sampaikan langsung ke gubernur melalui Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur. Terutama alat perontok padi modern. Karena kebetulan saya duduk di Komisi B yang membidangi soal pertanian," ungkap Afwan saat menggelar reses jilid pertama tahun 2019 di Desa Purworejo, Kecamatan Padangan, Rabu (28/02/2019) malam.

Selain alsintan, Afwan juga menggendong  usulan lain berupa bantuan peternakan dan pembangunan jalan usuha tani. Hanya saja, penggawa Fraksi PDIP DPR Jawa Timur ini juga mewanti-wanti  jika bantuan nanti bisa terealisasi agar bisa di manfaatkan kelompok tani dengan maksimal.

"Harapan saya nanti, jika bantuan sudah diterima, mari kita manfaatkan dan kita rawat dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, sifat bantuan yang bertujuan untuk mensejahrerakan para petani benar-benar dapat dinikmati bersama," tandas Afwan. 

Sebelumnya, Nurhidayat salah satu perwakilan warga,  menyampaikan pentingnya bantuan mesin perontok padi. Hal ini mengingat  mayoritas petani di Kecamatan Padangan adalah petani padi.

"Saya mewakili petani yang hadir pada malam hari ini, agar Pak Afwan bisa merealisasikan kebutuhan kami para petani berupa mesin perontok padi modern atau combie. Mesin ini sangat kami butuhkan, Pak, karena dapat meningkatkan produksi panen kami," kata Nurhidayat yang diamini warga lainnya. []

 

Reporter: M Zainuddin

Editor: Warigalit de Bro

COPYRIGHT©SRIPARI.COM 2019