» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Bojonegoro Barometer

Diduga Putus Asa Sakit Menahun Petani Kacangan Gantung Diri
03 Juni 2018 | Bojonegoro Barometer | Dibaca 1123 kali
GRAFIS: Warigalit de Bro Foto: GOOGLE IMAGE DIOLAH
Seorang petani di Desa Kacangan, Kecamatan Tambakrejo, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara gantung diri. Kuat dugaan lelaki 40 tahun ini putus asa akibat penyakit asam lambung yang menggerogoti tubuhnya tak kunjung sembuh.

BOJONEGORO | SRIPARI.COM-Kali pertama yang mengetahui peristiwa kendat, bahasa lain gantung diri, adalah ayah korban sendiri, Surati (80). Saat itu pria sepuh yang baru pulang merumput untuk pakan ternaknya terkaget saat memasuki rumahnya di RT 10 RW 02 Desa Kacangan, Kecamatan Tambakrejo, mendapati anaknya Harno dengan posisi tergantung dalam kondisi tak bernyawa.

Seutas tali yang diikatkan di bawah atap rumah (ngeret) menjerat lehernya dengan lidah menjulur keluar. Mengetahui nahas itu, dia spontan histeris sembari memanggil isterinya Sakinem (75), untuk mengabarkan peristiwa yang tak pernah disangka-sangkanya itu. Padahal saat itu ibu korban sedang sakit. Peristiwa di dusun bertepi hutan jati Kecamatan Tambakrejo itu sendiri terjadi, Sabtu (02/06/2018) sekitar pukul 08.30 wib.   

Kapolsek Tambakrejo, AKP Muhtarom, membenarkan peristiwa ini. Dari hasil pemeriksaan luar yang dilakukan petugas medis puskesmas setempat bersama petugas kepolisian, koramil dan perangkat desa serta disaksikan pihak  keluarga tidak ditemukan adanya tanda-tanda bekas penganiayaan.

"Korban meninggal murni karena gantung diri. Keluarga menerima peristiwa ini sebagai musibah dan menolak dilakukan autopsi," kata Muhtarom yang datang ke tempat kejadian perkara (TKP) didampingi Kanit Reskrim Aiptu Diyono dan sejumlah anggota lainnya serta Kopka Priono dari Koramil Tambakrejo, Satpol PP Giono, dr Sari berikut tim medis Puskesmas Tambkarejo juga Kepala Desa Kacangan.

Bedasarkan penuturan keluarga, sambung dia, korban sudah lama menderita sakit asam lambung sehingga depresi. Selanjutnya jasad korban diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan secara layak. []

M ZAINUDDIN