» Website: https://www.sripari.com » Email: redaksi.sripari@gmail.com » Alamat: Redaksi Tuban: Jalan Raya Logawe nomor 359 Rengel 62371, CP/WA: 082231041229. Redaksi Surabaya: Jalan Kebonsari Raya nomor 26,CP/WA: 082333695757. » Telepon: .

■ Bojonegoro Barometer

Mengembalikan Kejayaan Masa Lalu Bengawan Solo
26 September 2016 | Bojonegoro Barometer | Dibaca 1499 kali

Festival Bengawan Solo yang menjadi rangkaian peringatan hari jadi Bojonegoro ke 339 tahun ini bak oase penghujung bulan September. Acara ini merupakan even kali kedua sejak festival serupa tahun lalu. Puncak acara yang berlangsung sepanjang Minggu (25/09/2016) menjadi hiburan tersendiri dan unik bagi warga Bojonegoro dan sekitarnya.

sripari.com, BOJONEGORO- Sisi kanan dan kiri tebing Bengawan Solo di tengah puncak kemarau sesaat seperti penuh warna, setelah perahu-perahu hias kategori lomba umum dan desa bertebaran di permukaan sumgai yang membelah Pulau Jawa ini.

Perahu-perahu sarat hiasan dan warna tersebut menyusuri Bengawan Solo sepanjang 10 kilometer, mulai dari Bendung Gerak di Kecamatan Kalitidu dan berakhir di TBS Kota Bojonegoro.

Humas Pemkab Bojonegoro, Heri Sugiarto, mengatakan festival Bengawan Solo ini merupakan bagian mengembalikan kejayaan masa lalu yang telah tergerus waktu. Selain itu, ajang festival yang dimotori Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro ini, juga sebagai upaya mempopulerkan sungai dan potensi alam kepada publik.

Sebanyak 40 perahu turut ambil baagian dalam festival ini. Tampil dengan pelbagai hiasan dan mengusung tema mulai pembangunan, kearifan lokaal serta budaya Kabupaten Bojonegoro sendiri.

"Ini tahun kedua festival bengawan sejak digelar tahun lalu," ujar staf Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, M Isnin. []

M ZAINUDDIN